Tips Membedakan Kulit Asli dan Kulit Imitasi/Vynil/Faux Leather - Koesoema Bags

Tips Membedakan Kulit Asli dan Kulit Imitasi/Vynil/Faux Leather

3 tahun yang lalu

Dalam memilih produk dengan bahan kulit asli, kita perlu pengetahuan mengenai kulit asli tersebut agar tidak salah belanja produk kulit imitasi/palsu/vynil. Kulit asli adalah produk yang diolah dari bahan kulit hewan, biasanya dari sapi, domba, kambing maupun hewan lainnya melalui berbagai macam proses pengolahan. Sedangkan kulit imitasi adalah bahan yang terbuat secara kimia melalui proses baik dan biasanya dibuat semirip mungkin dengan kulit asli, bahkan seiring kemajuan jaman susah membedakan dengan kulit asli.

Kulit asli yang ada di pasaran dan sering digunakan oleh produsen produk-produk kulit asli ada berbagai macam tergantung proses penyamakan/pengolahan kulit tersebut. Kulit asli yang sering digunakan antara lain jenis nabati, pull up, krom, box, dan lain sebagainya. Sedangkan kulit imitasi yang berada di pasaran juga ada berbagai macam jenis dan biasanya produsen produk-produk dengan bahan kulit imitasi tidak menyebut secara langsung bahannya, tetapi dengan istilah-istilah lain antara lain yaitu faux leather, vynil, manmade leather, dll. 

Nah, agar dapat membedakan kulit asli dan imitasi tersebut, kami memberikan beberapa tips agar anda mampu membedakan secara mudah. Tips yang pertama yaitu

1. Perhatikan Tekstur

Perhatikan dengan cermat bahan produk yang akan anda beli. Kulit asli akan mempunyai tekstur yang cenderung tidak seragam, terlihat alami dan polanya tidak beraturan. Sedangkan kulit imitasi akan mempunyai tekstur yang cenderung lebih rapi, seragam dan polanya konsisten. Selain itu cobalah tekan produk tersebut, produk yang terbuat dari bahan kulit asli akan mempunyai kerutan, sedangkan produk dari bahan kulit imitasi tidak akan mempunyai kerutan karena kulit imitasi tidak mempunyai elastisitas seperti pada kulit asli. Kalau anda bisa melihat bahan produk tersebut dari samping, maka perhatikan lapisan bahan yang ada, bila lapisan bahan hanya terdiri dari 1 lembar saja maka bahan tersebut merupakan kulit asli, sedangkan apabila bahan tersebut adalah kulit imitasi biasanya bahan akan terdiri dari 3 jenis lapisan yaitu kulit imitasi, busa tipis dan kain.

2. Cium Aroma

Kulit asli akan mempunyai aroma yang khas dari kulit asli dan tidak bisa ditiru oleh aroma kulit sintetis. Namun agar dapat membedakan aroma tersebut, anda harus tahu benar bagaimana aroma dari bahan kulit asli. Untuk intu anda kami sarankan mencium aroma dari bahan kulit asli yang anda miliki atau mencoba mendatangi toko yang menjual produk dari bahan kulit asli seperti di "Koesoema Bags".

3. Menguji dengan Api

Cara terakhir ini adalah cara yang paling ekstrim, tapi akan mampu melihat perbedaan kulit asli dengan jelas. Untuk mengujinya bakarlah kulit asli dnegan korek gas, kulit asli tidak akan terbakar dan memiliki bau seperti rambut terbakar (dalam membakar dengan korek gas ini tidak perlu dalam waktu yang lama). Sedangkan kulit imitasi apabila dibakar dengan korek gas akan langsung terbakar, berkerut dan memiliki bau seperti plastik terbakar.

 

Kelebihan dan Kekurangan Kulit Asli dan Kulit Imitasi

Kulit Asli

Kulit Asli Koesoema Bags

  • Awet dan Tahan Lama, bisa bertahan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan benar
  • Mempunyai tesktur dan warna khas. Kulit asli akan memancarkan aura mewah dan prestige. Kulit asli semakin lama akan semakin lembut dan mempunyai warna yang semakin menarik
  • Tidak akan terkelupas, tetapi dapat menjadi kering atau berkurang kelembabannya sehingga membutuhkan perawatan.
  • Harga lebih mahal daripada kulit sintetis.
  • Warna dapat menjadi pudar, apalagi kalau sering terkena sinar matahari, sehingga membutuhkan treatment khusus agar lebih awet.

Kulit Imitasi

Contoh kulit imitasi

  • Harga lebih murah daripada kulit asli.
  • Sepintas terlihat seperti kulit asli
  • Tidak awet dan tahan lama.
  • Akan menjadi kering, retak dan lama-lama mengelupas.
  • Relatif lebih tipis, tidak hangat dan tidak nyaman digunakan

Demikian tips dalam membedakan kulit asli dan kulit imitasi. Anda juga sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kulit asli maupun kulit imitasi. Pilihan sekarang di tangan anda, mau memilih produk dengan bahan kulit asli atau dari bahan kulit imitasi. Apabila anda lebih memilih produk yang terbuat dari bahan kulit asli, maka produk-produk dari "Koesoema Bags' bisa menjadi pilihan anda. Kami mempunyai produk yang beragam dan harga yang terjangkau.